PUPUK DOLOMIT


Arti Dolomit

Kapur dolomit merupakan kapur tunggal berkadar magnesium tinggi dan baik digunakan untuk tanah perkebunan serta untuk perikanan atau tambak. Dolomit dibuat dari batuan dolomit yang dikumpulkan dari proses penambangan. Kandungan yang sangat dibutuhkan dari kapur ini adalah kalsium (ca) dan magnesium (mg).

Fungsi Dolomit

Kapur pertanian berfungsi menurunkan aktivitas aluminium dan meningkatkan kadar pH tanah sehingga mendekati netral atau netral sekitar 6—7.

Manfaat lain yang diberikan oleh kapur pertanian adalah menetralisir senyawa-senyawa beracun, baik senyawa organik maupun nonorganik, seperti aluminium, zat besi, dan tembaga. Dengan kapur dolomit, mikroorganisme di dalam tanah bisa lebih berkembang dan aktif sehingga tanaman yang ditanam dapat tumbuh lebih subur. 

Karena kondisi tanah sudah cukup baik, penyerapan zat-zat hara yang berasal dari bahan organik pupuk di dalam tanah menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, pupuk yang Anda berikan bisa terserap lebih optimal dan persentase pupuk yang terbuang atau menguap menjadi lebih rendah.

Kapan kapur dolomit digunakan?

Penggunaan pupuk dolomit itu untuk kesuburan tanah, di saat tanah sudah tak subur lagi karena penggunaan kimia. "Kapur dolomit dapat menyuburkan tanah karena mengandung magnesium sebagai unsur hara. Magnesium ini untuk menetralisir kandungan tanah

Bolehkah dolomit dicampur dengan NPK?

Pemberian kombinasi pupuk NPK dan kapur dolomit sebagai upaya meningkatkan pH tanah, sehingga tanah gambut dapat dimanfaatkan sebagai media tanam yang baik bagi tanaman tomat.

demikianlah yang dapat kami utarakan semoga bermanfaat, terimakasih

0 comments:

Post a Comment

Video Pertanian

Halaman Facebook

Popular Posts

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *