CARA MEMBUAT BIBIT PEPAYA YANG UNGGUL


Cara Membuat Bibit Pepaya Unggul
Cara memilih bibit pepaya

Cara kita membuat bibit pepaya yang unggul atau yang baik adalah sangat mudah dan kita harus benar-benar memahami dulu pohonnya dan buahnya pepaya.

Pohon pepaya yang sudah dipanen minimal 4 kali atau pohon pepaya yang sudah tua serta pohon pepaya yang supur dan batang pepaya besar.

Begitu juga dengan buah pepaya harus besar serta buagnya sudah tua ( sudah muncul kekuningan) pada kulit buah pepaya tersebut.

Cara Membuat Bibit Pepaya Unggul
Bibit Pepaya Unggul

Sekarang bagaimana cara kita memilih biji pepaya yang menjadi unggul serta bauhnya besar lonjong, anatara lain sebagai berikut :

    1.   Potong buah pepaya kiri kanan kemudian kita ambil yang tengah saja.
    2. Ambil semua biji pepaya tersebut lalu di rendam sambil di remas-remas dalam air supaya terkupas kulit bijinya kemudian dijemur sampai kering
    3.  Lalu di sotir atau di pilih biji ayang besar saja dan bentuknya agak lonjong seperti telur ayam
    4.  Kemudiam di rendam kekbali biji pepaya sambil di campur pupuk zpt  (Vitamin B1 ) tersebut selama 10 atau 15 menit
    5. Lalu ambil kembali ji pepaya tersebut sambil masukin kedalam kantong plastik atau kain atau pada tisu lalu di sempan ditempat yang teduh sampai 5 atau 7 hari .
    6. Kemudian siapkan tanah dalam polibag untuk siapkan disemai.

Untuk proses pembuatan bibit pepaya perlu kesabaran dan ketelitian karna membutuhkan waktu yang lama  serta bibit siap tanam sampai berumur 45 hari atau  55 hari baru siap dipindahan kelahan perkebuanan yang luas.

Oh ya untuk perawatan bibit yang sudah disemai dalam polibag harus disiram secukupnya saja , alangkah bagusnya di buatnya tempat yang tidak terkenak air hujan serta matahari langsung.

Jangan lupa disemprot pupuk cair peransang saja serta pestisida untuk menghindari ulat atau jamur pada bibit pepya tersebut

Toton video

Cara mimilih bibit epeya


Caya pebelian pupuk pepaya

Cara Tanam Pohon Pepaya


Demikialah yang dapat saya berikan penjelesan atau tutorial cara membuat bibit pepaya unggul, semoga mermanfaat serta para pecinta tanaman  menjadi suatu peluang usaha bisnis pepbibitan dan berhasil. Aamiin....

0 comments:

Post a Comment

Video Pertanian

Halaman Facebook

Popular Posts

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *