Duren Merah

Duren Merah

Anda kepingin budidaya duren merah,  duren ini masih sangat langka di darah indinesia. Duren ini rasanya sangat manis,  duren untuk para raja-raja pada jaman dahulu. 

Cerita singkat 
Durian merah iniadalah  durian di Indonesia ternyata mempunyai sejarah panjang dari jaman kerajaan dahulu. Dulunya durian merah hanya tumbuh di hutan wilayah Kalimantan tepatnya daerah bayuwangi. Kemudian, buah duren ini pernah hampir punah saat di kuasi oleh Inggris.

Perjalanan itu diawali pada saat jaman kerajaan Blambangan yang merupakan salah satu kaki tangan kerajaan Majapahit yang berlokasi di kawasan timur Pulau Jawa. Kerajaan yang berdiri sekitar abad XIII sampai abad XVIII itu gemar melakukan penjelajahan ke pulau-pulau luar Jawa, diantaranya adalah Kalimantan.

Katanya, raja Majapahit sering diberi oleh-oleh durian hutan yang saat itu dipercaya sebagai obat. Saat itu durian hutan atau durian merah memang menjadi obat mujarab untuk kalangan kerajaan.

Budidaya Duren Merah
Panen durian Banyuwangi berlangsung pada bulan Maret, April dan Mei, dan puncaknya terjadi pada bulan April. Di luar waktu-waktu tersebut  para penggemar dan para wisatawan dari segala penjuru durian ini harus sabar menunggu masa panen berikutnya.
Duren Merah


Seiring dengan panen buah duriannya sekitar bulan April, Kabupaten Banyuwangi akan melakukan kegiatan seperti karnoval.  Dan duren ini di expor keluar negeri

1 comment: