Pupuk Hormon Tanaman Bunga dan Buah



Pupuk Hormon Tanaman Bunga dan Buah
by. Busra Aceh (penyuluh Pertanian dan Perikanan)
Zaman sekarang masyakat lagi ngetren membeli atau menanam tamanan di halaman rumah atau di perkebunan, seperti : mangga, jambu, rambutan, duren dan lain lain. Oleh karenan itu taman sekarang berbeda dengan taman pada masa dahulu yang tumbuhnya secara alami dan masa berbuahpun menunggu waktu yang lama tetapi pada zaman sekarang pohon tanaman umur 2 sampai 3 tahun sudah berbunga atau berbuah, karena memakai obat atau pupuk hormon atau disebut juga Zat Pengatur Tanaman (ZPT).

Jenis pupuk hormon dan sekaligus bisa memperbaharui unsur hara tanah dan bahkan sudah mengandung unsur pupuk bersifat Mickro danMakro. Gambar atau jenis pupuk seperti dibawah ini.

Pupuk Hormon Tanaman Bunga dan Buah

Hormon Tanaman Bunga dan Buah

Hormon Tanaman Bunga dan Buah

Pupuk Hormon Tanaman Bunga dan Buah

Pupuk Hormon Tanaman Bunga dan Buah

Pupuk Hormon Tanaman Bunga dan Buah

Pupuk Hormon Tanaman Bunga dan Buah


Adapun dari itu kita bisa juga membuat sendiri obat atau pupuk zpt atau hormon tanaman dengan bahan yang ada pada lingkungan rumah kita atau di kebun kita atau dipasar sayur.

Langkah-langkah untuk buat pupuk cair perangsang bunga dan buah, formulasi sebagai berikut :
Larutan A
1. Serabut kelapa 2 kg
2. Air 10 liter

Cara Pembuatan :
Serabut kelapa di tumbuk bagian belakangnya yang bertujuan untuk memudahkan proses penyerapan air kemudian masukkan kedalam wadah (drum plastik) lalu di berikan air setelah itu di tutup biarkan selama 2 minggu, pasca 2 minggu air akan berubah berwarna merah kecoklat-coklatan, air di saring kemudian di gunakan untuk penyemprotan tanaman ( semua tanaman), karena larutan ini sangat bagus untuk memperkuat batang tanaman dan meransang pertumbuhan bunga

Larutan B
1. Buah-buahan yang busuk
2. Air Cucian beras
3. Air kelapa

Cara Pembuatan :
Buah-buahan di hancurkan kemudian di campur dengan air cucian beras dan air kelapa di masukkan dalam derigen dengan sistem aerob di biarkan selama 15 hari. Setelah 15 hari larutan di saring dan endapan sebaiknya di buang di bawah pohon sebagai pupuk sedangkan airnya untuk penyemprotan.
Larutan B ini sangat baik untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

Aplikasi di lahan :
Campurkan larutan A dan larutan B, hasil campuran tersebut di sebut sebagai larutan induk yang kemudian di campur lagi dengan air biasa, perbandingan bisa di upayakan sendiri dengan melakukan uji coba di lahan masing-masing, karena apa yang kami di terapkan di Ngawi tentunya akan berbeda jika di terapkan di daerah lain, sebagai gambaran kombinasi larutan yang kami gunakan setiap 10 cc/liter air.

Waktu Penyemprotan :
Penyemprotan untuk pemupukan ini efektifnya pagi antara jam 07.00 – 11.00
Penyemprotan yang baik adalah berbentuk kabut

Keterangan atau sekilas informasi
Jenis tanaman atau buah yang mengandung ZPT (hormon tanaman) Sebagai berikut :
  • Ponggol Batang pisang
  • Air Kelapa Muda
  • Bawang Merah
  • Air tebu
  • Gula Aren
  • Rebung Banbu
  • Air Cucian Beras
  • Serbuk Kelapa
  • dan lain lain

0 comments:

Post a Comment